Menelisik Kota Tangerang Selatan Sebagai Salah Satu Kota Layak Huni di Indonesia

Tangerang SelatanSumber: https://tangerangselatankota.go.id/

Kota Tangerang Selatan menjadi salah satu yang disebut sebagai kota layak huni atau livable city di Indonesia. Julukan kota layak huni ini dikeluarkan oleh Ikatan Ahli Perencana atau IAP melalui sebuah penelitian yang disebut sebagai Most Livable City Index (MLCI) pada tahun 2019.

Hasil dari penelitian MLCI 2019 ini ada 3 jenis kota layak huni yang dirilis, yaitu top tier city, average tier city, dan bottom tier city. Ketiga kategori tersebut ada dalam ruang lingkup kota layak huni, yang membedakan adalah top tier city indeksnya di atas rata-rata, average tier city pada tahap rata-rata, dan bottom tier city di bawah rata-rata.

Kota Tangerang Selatan termasuk 1 dari 6 kota yang mendapat kategori Top Tier City atau daerah dengan indeks livability di atas rata-rata. 5 kota lainnya adalah Solo, Palembang, Denpasar, Malang, dan Bandung.

Indikator Kota Tangerang Selatan Sebagai Kota Layak Huni

Penentuan kota-kota di Indonesia sebagai kota layak huni atau livable city tentunya tidak akan sembarang. Ada banyak indikator yang dijadikan acuan untuk memenuhi kategori kota layak huni ini. Beberapa indikator yang menjadikan Tangerang Selatan dan kota lainnya terpilih sebagai livable city antara lain meliputi 7 aspek yang harus terpenuhi, yakni:

indikator kota layak huni

  1. Ketersediaan kebutuhan dasar yang meliputi kelayakan pada perumahan, air, listrik, sanitasi, dan pangan
  2. Ketersediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti transportasi, taman, dan juga fasilitas kesehatan
  3. Ketersediaan ruang publik yang berfungsi untuk media interaksi antar komunitas
  4. Safety (Keamanan dan keselamatan)
  5. Lingkungan yang berkualitas
  6. Dukungan fungsi ekonomi, sosial, dan budaya kota
  7. Ikut andilnya masyarakat dalam pembangunan daerah

Dari 7 indikator yang menjadi aspek penelitian MLCI 2019 ini Kota Tangerang Selatan mendapat persentase 65,4 %.  Dari 7 indikator penilaian di atas, Tangerang Selatan secara umum memang layak dijuluki sebagai kota layak huni, karena salah satunya dapat dilihat dari perkembangan properti yang sangat pesat sebagai penunjang ketersediaan kebutuhan dasar, yaitu perumahan.

Banyak pengembang properti yang saat ini hadir di wilayah Tangerang Selatan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pada perumahan. Kehadiran para pengembang properti baru ini pastinya setelah melihat kesuksesan pengembang properti sebelumnya seperti PT Bumi Serpong Damai Tbk sebagai salah satu anak perusahaan Sinarmas Land Limited yang mengembangkan kawasan BSD atau Bumi Sepong Damai.

BSD City Sebagai Salah Satu Daya Tarik Tangerang Selatan 

sumber: https://www.bsdcity.com/

Bumi Serpong Damai atau BSD City pertama kali hadir pada awal tahun 1989 di wilayah Tangerang Selatan. Sampai tahun 2021, PT Bumi Serpong Damai Tbk telah mengembangkan BSD City sampai 3.500 hektar dengan jumlah permukiman lebih kurang berjumlah 40.000 unit.

BSD City tidak hanya menjadi pelopor pengembang properti di Tangerang Selatan, tetapi juga menjadi pengembang yang memperhatikan aspek-aspek livable city dalam membangun kawasannya. Kini BSD City terus berkembang dengan pesat, bebas banjir, dan juga sarana transportasi yang semakin memadai.

Komitmen PT Bumi Serpong Damai Tbk untuk menghadirkan kota layak huni di BSD City tentunya tidak terlepas dari keseriusan Induk perusahaannya Sinarmas Land yang mempunyai visi yang sama. Sedari awal Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city yang kemudian diteruskan oleh anak-anak perusahaannya, termasuk PT Bumi Serpong Damai Tbk di wilayah Tangerang Selatan.

Keseriusan BSD City untuk menjadi kota layak huni juga diperkuat dengan program-program sustainability atau keberlangsungan hidup yang meliputi:

  • Program daur ulang dan juga pengomposan pada wilayah-wilayah yang dikembangkan
  • Penggunaan sumber energi inisiatif yang lebih bersih

Keberhasilan BSD City dengan program sustainability ini telah mengantarkan PT Bumi Serpong Damai Tbk mendapatkan beberapa penghargaan dalam bidang pengembangan lingkungan. Luasnya capaian program keberlangsungan hidup dari BSD City ini semakin menguatkan Tangerang Selatan menjadi salah satu kota layak huni di Indonesia.

Belajar Dari Tangerang Selatan Sebagai Livable City

Keberhasilan Tangerang Selatan yang dinobatkan menjadi salah satu livable city di Indonesia layak diapresiasi. Keberhasilannya adalah buah kerja sama berbagai pihak dalam mengembangkan wilayah Tangerang Selatan, termasuk didalamnya pemerintah dan juga pihak swasta.

Pengembang-pengembang properti di Tangerang Selatan termasuk pihak swasta yang juga turut andil dalam menghadirkan kota layak huni. Pengembangan wilayah yang memenuhi indikator kota layak huni ditambah dengan program sustainability seperti yang dikembangkan anak perusahaan Sinarmas Land, PT Bumi Serpong Damai Tbk patut diacungi jempol dan juga sepatutnya dapat diadaptasi oleh daerah-daerah lain untuk menjadi kota layak huni.

Hadirnya Tangerang Selatan dan 5 kota lainnya yang terpilih sebagai kota layak huni dengan indeks di atas rata-rata pastinya membanggakan masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Tetapi 6 kota saja sepertinya memang tidak cukup dengan luasnya Indonesia dan banyaknya kota-kota didalamnya.

Harapan ke depan, Mudah-mudahan akan lebih banyak kota-kota yang pemerintahannya dan juga pihak swasta yang termotivasi untuk menjadi livable city sehingga dirasakan kelayakkannya oleh masyarakat dan bukan menjadi label semata, tapi benar-benar menjadi kota layak huni seutuhnya dengan terpenuhinya indikator penunjang livable city.

Referensi:
https://tangerangselatankota.go.id/
https://www.bsdcity.com/
https://www.99.co/id/panduan/kota-layak-huni-di-indonesia/
https://www.handalselaras.com/seberapa-layak-huni-kota-kota-di-indonesia/

4 Komentar

  1. wah, Tangerang ya...
    tetanggaan Cirebon dong....
    saya di Cirebon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetanggaan Provinsi, iya, Jabar dan Banten, ya. kalau kota nya lumayan jauh juga ya

      Hapus
  2. Wih keren juga Kota Tangerang. Karena pernah tinggal di sana meski cuma 6 bulan tetep bangga deh hihihi. Keren reviewnya kak.
    Daerah Tangsel emang iya sih, jadi idaman banyak orng

    BalasHapus
  3. saya sih masih mendukung sumedang jadi kota yang layak buat tempat huni hehe

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama