Prestasi Kabupaten Sukabumi di Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021

viral jabar 2021


Puncak Festival literasi digital  Jawa Barat 2021 diadakan oleh pemerintah Provinsi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika pada Selasa, 21 Desember 2021. Bertempat di Saung Angklung Mang Udjo, Cibenying Kidul, Kota Bandung, Acara yang dimulai pada pukul 15.30 ini mengundang beberapa orang dan lembaga untuk menerima penghargaan atas kiprahnya dalam literasi digital, di mana salah satu yang mendapat penghargaan tersebut adalah dari Kabupaten Sukabumi.

Keseruan Festival Literasi Jawa Barat

Festival Literasi Digital atau disingkat viral ini semakin semarak dengan mendatangkan beberapa publik figur seperti

  • Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
  • Rizky Febian
  • Ananda Omesh
  • Shafira Uum
  • Melly Mono; dan
  • Rumingkang

Penganugerahan Literasi Digital 2021

Dalam festival literasi digital Jawa Barat 2021 ini, pemerintah memberikan penghargaan kepada perorangan maupun lembaga yang terlibat aktif dan memberikan kontribusi positif dalam hal literasi digital di Jawa Barat. Beberapa penghargaan yang diberikan adalah:

  • Sandikamimania Award
  • Jabar Saber Hoaks Award
  • Kim Award
  • Relawan TIK Award
  • E-Goverment Award
  • Humas Jabar Award
  • Lifetime Achievement Award
  • Pesandigi Award

Kabupaten Sukabumi Mendapat Penghargaan Kim Award

kim award


Dengan jumlah kecamatan terbanyak di Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi menyimpan potensi sumber manusia yang luar biasa. Tentunya hal ini pun berbanding lurus dengan tantangan yang dihadapinya.

Akses penggunaan internet yang sudah lumrah di masyarakat akan berpotensi menyebarnya informasi hoaks apabila tidak tersampaikannya sosialisasi soal bijak menggunakan internet. Desa Cijengkol dalam hal ini memprakarsai diri untuk membentuk Kelompok Informasi Masyarakat Cijengkol Bersatu yang disingkat KIM Cibers untuk selangkah lebih maju dalam hal penanganan penyebaran hoaks.

Dalam prosesnya mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang literasi digital, KIM Cibers mendapatkan apresiasi dari pemerintah Jawa Barat dalam acara Festival Literasi Digital 2021.

Diwakili oleh Seftian ZM dari Cijengkol, Kabupaten Sukabumi mendapatkan penghargaan Kim Award kategori lifetime achievement. Prestasi yang tentunya membanggakan dan memotivasi agar masyarkat Kabupaten Sukabumi lebih melek informasi, termasuk dalam hal literasi digital.

Septian mengungkapkan rasa haru dan bangganya bisa mewakili Kabupaten Sukabumi menerima award ini

Alhamdulillah sangat bangga, karena sebagai pengurus KIM CIBERS (Kelompok informasi masyarakat Cijengkol Bersatu) yang keberadaannya di Desa Cijengkol bisa mewakili kabupaten Sukabumi dalam penghargaan di tingkat Provinsi Jawa Barat

Workshop Literasi Digital 2021

Masih di hari yang sama, dalam rangka memeriahkan festival literasi digital Jawa Barat 2021 ini, diadakan pula beberapa workshop yang bertempat di Universitas Padjajaran, mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB.

  • Beberapa workshop tersebut adalah
  • Kelas Cek Fakta: Jabar Saber Hoaks
  • Kelas Ngonten: Relawan TIK Jabar
  • Kelas Podcast: Siberkreasi
  • Kelas Copywriting: PRMN
  • Kelas Data Pribadi: ICT Watch

Walaupun Jawa Barat menjadi Provinsi nomor satu dalam memerangi hoaks, namun perang melawan peredaran hoaks terus berlangsung seiring masih banyaknya berita dan informasi tak berdasar di sekeliling kita. Masyarakat harus terus mendapat sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya melek literasi di era digital ini.

Dengan semakin membuminya penggunaan internet di masyarakat, pemerintah menggalakan program literasi digital secara masiv. Tujuannya tiada lain agar masyarakat semakin sadar untuk menggunakan internet dengan bijak dan penuh tanggung jawab.

11 Komentar

  1. Selamat untuk Tim KIM Cibers Cijengkol yang telah menerima award mewakili Kabupaten Sukabumi. So Proud

    BalasHapus
  2. Baru tahu ada Festival Literasi Digital. KAyaknya seru tuh... Apalagi ada Rizky Febian... Selamat yang buat Sukabumi.

    BalasHapus
  3. Waah luar biasa nih jawa barat telah memberikan apresiasinya. Selamat untuk kabupaten sukabumi atas prestasinya. bener-bener kereeen ..

    BalasHapus
  4. Wah, Jabar bisa jadi panutan provinsi-provinsi lain di Indonesia nih. Dengan adanya award semacam ini sebagai apresiasi, pasti semakin memantik semangat masyarakatnya. Keren JaBar.

    BalasHapus
  5. aku baru tau ada Kim Award, tingkat kepedulian masyarakat Sukabumi terhadap dunia literasi tinggi juga ya, dan saling support

    BalasHapus
  6. Pak Yo seneng banget, nih, daerahnya dapet KIM Award. Selamat ya, Pak. Udah nulis artikel ini aja, udah termasuk salah satu usaha lawan hoaks ya, Pak.

    BalasHapus
  7. Bagus banget ya apresiasinya dari pemda setempat. Emang pak gub nya keren.

    BalasHapus
  8. aku baru ngeh, linknya ganti pak. hehe kukira aku msuk websie lembaga ini

    BalasHapus
  9. Kereen banget sukabumi. Semoga kedepan makin jaya dan menebar prestasi

    BalasHapus
  10. wah keren ya sukabumi punya aset berharga, hoax memang meresahkan dan bisa menimbulkan masalah yang lebih rumit, salut sama yang peduli efek hoax ini dan mengerahkan segala upaya untuk mengatasinya, keren

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama