Pesantren Maju Dengan Bantuan Jaringan Internet Yang Cepat dan Stabil

Diamanahi mengelola sebuah pesantren itu ternyata tanggung jawab yang sangat luar biasa, seperti itu kiranya yang dirasakan keluarga kami dalam menjalankan amanah orang tua dalam meneruskan pengelolaan sebuah pondok pesantren. Tapi, tanggung jawab itu tidak kami jadikan beban, sebaliknya, dijadikan motivasi agar terus dapat mengembangkan pesantren bersama-sama.

Jadilah pesantren Daarul Ihsan dijalankan bersama-sama oleh seluruh kakak beradik di keluarga kami dan setiap anggota keluarga mempunyai perannya masing-masing sesuai kemampuannya dalam mengembangkan pesantren. Ada yang mengabdikan diri dengan pengajaran ilmu agamanya, seni, kewirausahaan, dan juga ilmu-ilmu umum untuk penyeimbangnya.

Mengenal Pondok Pesantren Daarul Ihsan

Telkom Indonesia

Pesantren yang dikelola oleh keluarga kami bernama Daarul Ihsan, terletak di sebuah kampung di bawah kaki Gunung Gede, Kabupaten Sukabumi. Tepatnya pesantren ini berlokasi di Kampung Cisarua yang merupakan ujung dari Desa Citamiang, berbatasan dengan Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit.

Pesantren Daarul Ihsan termasuk pesantren tradisional, kitab-kitab yang dikaji nya lebih ke kitab kuning. Salah satu ciri khas di pesantren ini adalah pembelajaran Qur'an nya yaitu qiroat. Qiroat sendiri adalah ilmu dalam mempelajari seni dalam ragam membaca Al-Qur'an.

Dalam pengembangan qiroat ini, alhamdulillah pesantren Daarul Ihsan telah banyak mendapatkan prestasi baik pada tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, bahkan nasional dari para santri maupun assatidz. Tidak hanya di bidang qiroat, kami pun berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan bidang-bidang lainnya seperti seni dan kewirausahaan untuk ikhtiar dalam mengembangkan potensi para santri.

Proses pengembangan segala potensi di pondok pesantren tidak terlepas dari peran internet yang sangat membantu. Walaupun berlabel pesantren tradisional, kita tidak menutup diri dengan perkembangan zaman seperti sekarang yang sudah serba digital. Justru dengan beradaptasi dengan perkembangan zaman,  pesantren mampu bertahan dan bahkan terus melakukan inovasi-inovasi terbaiknya dalam memberikan pendidikan dan pengajaran bagi para santri.

Peran Internet dalam Mengembangkan Potensi Pondok Pesantren

Ada banyak sekali kemanfaatan yang dirasakan pesantren dengan hadirnya internet di wilayah pesantren. Beberapa peran internet dalam mengembangkan potensi pesantren antara lain:

Pendataan Santri di Emis PD Pontren Kementerian Agama

Internet Provider

Seperti halnya lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama seperti MI dan MTs, Pondok Pesantren pun diberikan pengakuan dengan diberikannya surat izin operasional seperti halnya di madrasah. Hal lain sebagai imbas dari tercatatnya data pesantren di Kementerian Agama, maka pihak pesantren pun harus dapat melaksanakan kewajiban-kewajiban lain terkait masalah data yang harus dihimpun di Emis PD Pontren.

Emis sendiri adalah singkatan dari Education Management Information System yang intinya EMIS PD Pontren ini adalah sistem informasi manajemen pendidikan yang mendata kelembagaan, santri, ustaz, sampai sarana prasarana yang dimiliki pesantren.

Proses penginputan data ke Emis dapat terlaksana dengan adanya jaringan internet yang cepat dan stabil, karena proses in put data ini dilakukan secara online.

Pengembangan Dakwah dan Seni Islami 

Tak hanya mempelajari Al-Quran dan kitab kuning saja, di pesantren Daarul Ihsan juga para santri belajar tentang kesenian. Tentu saja senin yang dipelajari adalah seni yang berhubungan dengan Islam.

Beberapa kesenian seperti marawis, qosidah, gambus, dan nasyid dipelajari di pesantren ini. Buah karya Konten Ria para santri kemudian dimasukkan ke dalam saluran YouTube Pesantren yang bernama Maqdis Record.

Pengunggahan karya seni dari para santri ke channel YouTube, tentunya membutuhkan akses internet dalam prosesnya. Di sinilah kami merasa sangat terbantu dalam syiar pesantren Daarul Ihsan.

Ada satu cerita di mana ada santri yang mendaftar ke pesantren karena tahu kegiatan pesantren dari YouTube dan ia merasa tertarik untuk belajar di Daarul Ihsan. Dari sinilah kekuatan internet dalam mendukung para santri berkonten ria dan berekspresi dalam seni Islam terasa sekali manfaatnya.

Salah satu hasil dari konten para santri adalah lantunan salawat nariyah yang dibawakan oleh para santri putri usia SD dan SMP.

Pengembangan Wirausaha

Di awal tahun 2023, Pesantren yang keluarga kami urus alhamdulillah dapat mengembangkan kewirausahaan dengan beternak lele. Ternak lele yang ada di pesantren menggunakan sistem bioflok.

IndiHome

Setelah proses awal pembenihan sampai 3 bulan selanjutnya masa panen, tibalah masanya untuk masalah distribusi penjualan hasil dari ternak lele bioflok yang sudah siap dikonsumsi.

Lagi-lagi, internet membantu kami dalam proses pengembangan wirausaha di pesantren. Untuk marketing lele bioflok, kami memberdayakan media sosial untuk menawarkan lele kepada masyarakat hasil dari pengembangan wirausaha di pesantren.

Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik dengan adanya informasi yang kami sebarkan di media sosial tentang penjualan ini dan dampaknya tentu saja sangat positif, proses penjualan hasil ternak lele bioflok dari pesantren menjadi lancar. 

Alasan Kenapa IndiHome Menjadi Pilihan Internet Terbaik untuk Pesantren

Saat ini banyak sekali internet provider yang menawarkan promo-promo menarik dalam menggaet penggunanya, namun pesantren keluarga kami menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia karena sudah terbukti menjadi internet provider terbaik. Beberapa alasan memilih IndiHome sebagai internet yang digunakan di pesantren adalah:

1. Sinyalnya Stabil dan Cepat

Diantara banyak gempuran penyedia layanan internet dari berbagai brand, IndiHome dari Telkom Indonesia tetap menjadi pilihan karena masalah jaringannya yang sudah terpercaya stabil dan cepat. Tentu ini menjadi masalah yang prioritas dari memilih internet provider, karena dengan memiliki akses internet yang cepat dan stabil, berlayar didunia maya menjadi lancar tanpa gangguan.

2. Fast Respon Apabila ada Gangguan

Beberapa waktu lalu karena curah hujan dan besar dan juga petir yang terus bersahutan, akhirnya kabel jaringan internet di pesantren kena sambar petir juga dan akhirnya koneksi internet terputus sementara. Akhirnya kami menghubungi pihak IndiHome dengan kendala yang dialami di pesantren, dan tak perlu menunggu lama, petugas yang memeriksa dan memperbaiki jaringan internet segera datang dan memperbaikinya sampai internet kembali dapat kami rasakan kemanfaatannya.

Respon yang baik dan cepat dari IndiHome tentunya menjadi poin plus dan menambah kepercayaan kita sebagai pelanggan setianya untuk tidak berpindah ke lain provider.

3. Harga Paket Internet yang Terjangkau

Dengan kisaran harga paket Rp300.000-an per bulan, tentunya ini adalah harga yang sangat terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan kemanfaatannya yang sangat luar biasa di rasakan oleh pesantren. Dengan harga yang terjangkau, pesantren dapat merasakan manfaat luar biasa dari langganan IndiHome dengan berkembangnya syi'ar pesantren, baik dakwahnya, seni islami, sampai pengembangan wirausaha, semuanya menjadi lebih lancar dengan adanya akses internet yang cepat dan stabil dari IndiHome. 

Simpulan

Mengurus manajemen pesantren di masa era digital seperti saat ini memang harus dapat beradaptasi dengan kondisi. Internet adalah salah satu sarana untuk berikhtiar agar pesantren tidak jauh tertinggal diantara banyaknya jenis lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. 

Baik pesantren modern maupun tradisional akan sangat baik memang jika ditunjang dengan adanya akses internet di pesantren. Hal ini tiada lain semata-mata agar pesantren dapat terus berkembang dan terus meningkatkan setiap potensi yang dimiliki dengan adanya akses internet yang cepat dan stabil.

IndiHome dengan segala kelebihan yang dimilikinya telah menemani perjalanan pesantren Daarul Ihsan di Kadudampit Sukabumi ini. Kedepannya,pesantren akan terus berusaha untuk terus mencari jalan agar setiap potensi yang dimiliki, khususnya dari para santrinya dapat tersalurkan dengan baik dalam hal bidang agama maupun umum yang positif yang dapat menjadi suport sistem kehidupan yang baik pula.  

4 Komentar

  1. Oh, ternyata, ananda Regen bersaudara mengelola pesantren Darul Ihsan. Semoga sukses ya, ananda. Salam Idul fitri untuk keluarga di sana. Maaf juga lahir dan batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bunda. Aamiin, terima kasih untuk doa terbaiknya
      Sama-sama Bun, selamat Idulfitri, mohon dimaafkan segala kekhilapan juga, ya

      Hapus
  2. Saya kapan kapan penen main ke sekolahannya kang Yonal ini dekat soalnya masih sama-sama Sukabumi niih

    BalasHapus
  3. Dengan kemajuan tekonologi saat ini memang jaringan internet diperlukan berbagai instansi, maju terus untuk pesantren kang yonal.
    Ijin jejak ya Distributor Lantai Vinyl

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama