Pentingnya Kerjasama Orang Tua dan Guru Dalam Pendidikan

Menyikapi tentang pentingnya kerjasama Orang tua dan guru dalam pendidikan untuk anak-anak didik, MA Raudlotul Ulum mengadakan rapat perdana dengan orang tua atau wali siswa kelas sepuluh angkatan 2022/2023. Rapat ini diadakan di ruang madrasah aliyah rauldotul ulum pada Kamis, 22 September 2022.

Acara yang dipimpin oleh Wakil Kepala Bidang Akademik ini juga dihadiri oleh ketua, sesepuh, dan keluarga besar yayasan Raudlotul Ulum. Dari pihak orang tua juga hadir ketua Komite Madrasah yang menjadi refresentatif utama para orang tua atau wali siswa di madrasah.

Agenda Rapat Madrasah Dengan Orang Tua Siswa Kelas Sepuluh

silaturahmi

Salah satu faktor penunjang keberhasilan pendidikan adalah adanya kerjasama yang solid diantara pihak-pihak-pihak terkait. Guru, siswa, dan juga orang tua adalah faktor pending dalam maju mundurnya pendidikan. Jika ketiganya bersinergi baik dan saling menunjang, niscaya tujuan pendidikan nasional untuk menciptakan lulusan-lulusan seklah yang berkualkitas bukan lagi sebuah mimpi. 

Silaturahmi Antara Guru dan Orang Tua Siswa

rapat orang tua murid

Pihak madrasah aliyah Raudlotul Ulum menginisiasi adanya pertemuan dengan para orang tua yang anak-nakanya baru bergabung di tahun ajaran 2022 ini di MA Raudlotul Ulum. Rapat ini diadakan dengan agenda utama untuk diadakannya silaturahmi dan ikrar kerjasama antar pihak sekolah dan juga orang tua untuk kemajuan pendidikan anak-anak.

Silaturahmi antara pihak guru dan orang tua ata wali siswa sangatlah penting, karena pihak guru dan orang tua akan bekerjasama dalam mendidik putra-putri harapan bangsa. Untuk keberhasilan dalam tujuan pendidikan tersebut, maka sejatinya terjalin sinergi positif antar orang tua dan guru yang salah satunya diejawantahkan dalam bentuk silaturahmi.

Silaturahmi dan seremonial ikrar kerjasama antar orang tua dan guru di MA Raudlotul Ulum dikenal dengan ijab kabul penerimaan dan penyerahan para siswa untuk dididik di madrasah. Yang juga digaris bawahi dalam serah terima ini adalah bukan makna serah terima sepenuhnya, tetapi tetap adanya saling mengontrol antar orang tua dan juga pihak sekolah.

Ijab Kabul Penyerahan dan Penerimaan Siswa

ijab kabul penerimaan siswa baru

Dalam ikrar yang dibacakan oleh perwakilan salah satu orang tua siswa dari kelas sepuluh, dibacakan ijab penyerahan para peserta didik dari para orang tua untuk dididik oleh pihak guru-guru di madrasah. Poin selanjutnya disebutkan bahwa para orang tua siap bekerja sama dengan tulus dan sepenuh hati dalam hal mendidik putra-putri mereka bersama para pengajar di madrasah.

Untuk ikrar penerimaan dari pihak madrasah dibacakan oleh kepala madrasah, H.Daden Iskandar. Dalam untaian kalimat penerimaan yang dibacakannya disebutkan bahwa madrasah akan sepenuh hati mengajar dan mendidik para siswa dan akan senantiasa bersinergi dengan para orang tua untuk memajukan pendidikan di madrasah.

Dokumen Kerjasama Sekolah Dengan Orang Tua Siswa

doukumen kerjasama sekolah dengan orang tua siswa

Setelah ikrar penyerahan dan penerimaan dibacakan oleh masing-masing perwakilan dari orang tua dan sekolah, selanjutnya dokumen ijab kabul atau serah terima tersebut ditandatangani oleh perwakilan pihak-pihak terkait. Selain perwakilan orang tua dan kepala sekolah, turut menandatangani dokumen tersebut yaitu ketua yayasan Raudlotul Ulum, Ahmad Syahid Syamsul Hadi, dan juga dari oihak Komite Madrasah, Drs. Zaenal Muttakin.

Selanjutnya setiap orang tua juga memegang dokumen penguat dalam kerjasama antara orang tua dan sekolah dalam bentuk pernyataan integritas dalam kerjasama mendidik anak-anak dengan ketentuasn yang ada di Madrasah. Dokumen ini ditandatangani dan juga diperkuat dengan dibubuhkannya materai.

Hasil Kerjasama Guru dan Orang Tua

MA Raudlotul Ulum

Dengan diadakannya acara silaturahmi antara pihak guru dan orang tua siswa , tentunya tersimpan harapan adanya hasil yang signifikan kedepannya dalam pendidikan putra-putri yang sedang dididik di madrasah. Dengan adanya keberhasilan dalam proses pendidikan mereka, maka tak lain itu bukan hasil satu komponen saja, tetapi jelas hasil dari kooperatif yang positif antara orang tua dan juga guru di sekolah.

Ketika sekolah dan orang tua menghasilkan out put atau lulusan-lulusan sekolah atau madrasah yang baik, maka dampaknya tidak hanya bagi lulusan itu sendiri, tetapi kebanggaan dan juga kebahagiaan bagi para guru dan juga orang tua. Jalan panjang untuk menghasilkan lulusan terbaik tiada lain salah satunya adalah dengan adanya kerjasama orang tua dan guru dalam pendidikan yang solid.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama