Pencak Silat MTs Raudlotul Ulum Raih Emas

kejuaraan pencak silat

Miranti Rayani, siswi kelas 8 MTs Raudlotul Ulum berhasil meraih medali emas setelah menjadi juara 1 pada tanding putri pra remaja di kejuaraan Sukabumi pencak silat competition Jaraido Cup 1 tahun 2022. Bagi Miranti, ini adalah kejuaraan pertama yang ia ikuti setelah bergabung dengan ekstrakurikuler pencak silat yang diadakan di MTs Raudlotul Ulum.

Kejuaraan Sukabumi pencak silat competition ini diselenggarakan di Gelanggang olah raga Plut Asrama Haji Cikembar, Kabupaten Sukabumi pada 9 sampai 11 September 2022. Acara yang diselenggarakan selama 3 hari ini diikiuti oleh lebih dari 1.000 siswa dari berbagai sekolah dan madrasah di wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi, juga dari Cianjur.

Acara Kejuaraan pencak silat ini secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi, H.Iyos Somantri. Di Pencak Silat, sosok H.Iyos Somantri adalah ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia atau IPSI wilayah Kabupaten Sukabumi.

Pencak Silat MTs Raudlotul Ulum

pencak silat

Dalam rangka memfasilitasi setiap potensi anak-anak didiknya, Kepala Madrasah MTs Raudlotul Ulum, Agus Salim berusaha seoptimal mungkin untuk memberi wadah bagi siswa-siswinya. Ekstrakurikuler menjadi jalan bagi sekolah untuk mewadahi potensi siswa di luar intrakurikuler, termasuk dalam bidang olah raga.

Pencak silat adalah salah satu ekstrakurikuler olah raga yang ada di MTs Raudlotul Ulum. Untuk membimbing ekstrakurikuler pencak silat ini, kepala MTs memberikan amanah kepada sosok pegiat Pencak Silat di daerah Citamiang, Tantan Rustandi.

Sosok Tantan Rustandi sendiri, selain menjadi pembina dan pelatih di ekstrakurikuler pencak silat, ia juga diberi tanggung jawab untuk mengampu mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan atau yang dikenal dengan PJOK. Dua bidang yang memang berkorelasi, di mana pencak silat termasuk salah satu dalam bahasan PJOK itu sendiri.

Kebahagiaan Keluarga Besar MTs Raudlotul Ulum

MTs Raudlotul Ulum

Rasa bangga dan haru ditunjukkan oleh Kepala Madrasah MTs Raudlotul Ulum, Agus Salim. Ia mengucapkan selamat kepada Miranti dan juga ucapan terima kasih kepada pelatihnya yang sangat kooperatif dalam melatih dan membimbing anak-anak di pencak silat.

Terimakasih Pak Tantan Rustandi sebagai pembina sekaligus yang membimbing dalam kejuaraan pencak silat tersebut, semoga medali emas ini menjadi motivasi untuk menumbuhkembangkan Pencaksilat sebagai Bela Diri Bangsa dan membawa Harum Nama MTs. Raudlotul Ulum dan Kabupaten Sukabumi dikancah Nasional dan internasional.

Kemenangan Miranti Rayani sebagai perwakilan dari MTs Raudlotul Ulum tentunya membawa kebahagiaan tidak hanya bagi ia, pelatih, dan kepala madrasah, tetapi kebahagiaan ini disambut oleh seluruh keluarga besar MTs Raudlotul Ulum. Guru-guru di MTs Raudlotul ulum termasuk yang juga ikut beruforia merasakan kebahagiaan atas kemenangan Miranti di Sukabumi Pencak Silat Competition.

Selain para guru, teman-teman dari Miranti pun mengekspresikan kebahagiaan dengan kemenangan sosok Miranti yang terkenal selalu ceria di kelasnya. Ia disambut bak pahlawan yang baru pulang dari medan peperangan oleh teman-teman sekelasnya.

###

Setiap anak sejatinya mempunyai potensinya masing-masing, dan sekolah idealnya berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memfasilitasi agar setiap potensi anak dapat tersalurkan. Ikhtiar inilah yang dicoba dilakukan oleh MTs Raudlotul Ulum, salah satunya dengan mengadakan ekstrakurikuler Pencak silat agar dapat menjadi wadah bagi para siswa yang tertarik dengan seni bela diri asli Indonesia ini.

Semoga kedepannya semakin banyak prestasi yang diukir oleh anak-anak Indonesia, khususnya di MTs Raudlotul Ulum Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Dan dari sosok Miranti kita belajar, tak peduli di manapun kita berada, di kampung atau di kota, kita tetap bisa berprestasi, asal ada kemauan yang keras dan sifat optimis yang selalu tertanam dalam diri kita.

5 Komentar

  1. Ikut bangga. Selamat ya, buat Dik Miranti Rayani dan juga buat MTs Raudlotul Ulum. Teruskan mendidik jasmani dan ruhani anak.

    BalasHapus
  2. Saya pernah ke lapangan merdeka..kalo sama gor asrama haji cikembar jauh gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan jauh Mas Alfan. Lapang Merdeka itu di Kotamadyanya, aklau GOR asrama haji cikembar itu di kabupatennya

      Hapus
  3. wah keren kak, selamat buat pemenang :D

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama