Peringatan Maulid Nabi dan Wisuda Tahfidz LPPQ Daaruttaqwa

Dalam Rangka memperingati hari lahir Nabi Muhammad Saw pada 12 Rabiul Awal 1444 Hijriyah yang bertepatan dengan hari Sabtu,  8 Oktober 2022, pengurus Dewan kemakmuran Masjid Perumahan Sakura Gardenia mengadakan peringatan maulid Nabi. Acara ini sekaligus juga disatukan dengan acara syukuran wisuda Tahfidz Quran untuk 22 santi yang telah menyelesaikan program Juz 30 binnadzri, Juz 30 bilhifdzi, 30 juz binnadzri.

Kegiatan Maulid Nabi

Maulid Nabi

Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw adalah salah satu hal yang biasa dilakukan oleh umat Islam di Indonesia selama bulan Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. Biasanya acara peringatan maulid Nabi ini diadakan dengan acara tabligul Islam, yaitu acara siraman rohani dengan mengundang ulama tertentu untuk memberikan tausyiah.

Acara memperingati maulid Nabi ini juga tak lupa diadakan oleh warga di perumahan Sakura Gardenia yang terletak di wilayah Cibatu, Kabupaten Sukabumi. Acara ini terselenggara dengan diprakarsai oleh Dewan Kemakmuran Masjid Daaruttaqwa yang ada di komplek perumahan tersebut.  

Selain diisi dengan pemberian tausyiah, acara peringatan maulid Nabi ini juga ditandai dengan membacakan salawat Al-Barjanji oleh pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Daaruttaqwa.

Wisuda Tahfidz Quran

Selain memperingati hari lahir Nabi Muhammad Saw, Lembaga Pengembangan Pembelajaran Quran atau biasa disebut LPPQ Daarutaqwa yang berada di komplek perumahan Sakura Gardenia juga melaksanakan syukuran wisuda tahfidz Quran untuk 22 santrinya yang telah menyelesaikan program Juz 30 binnadzri, Juz 30 bilhifdzi, dan juga 30 juz binnadzri.

Perbedaan Program Binnadzri dan Bilhifdzi

Ustaz Iyus Rusmana selaku pengasuh di LPPQ Daaruttaqwa mengungkapkan perbedaan antara program binnadzri dan bilhifdzi yang diambil sebagai metode hapalan para santrinya. Pengkelasan program ini dilakukan agar proses para santri dalam menghafal Quran sesuai dengan tingkat dan kemampuannya masing-masing.

Program Juz 30 Binnadzri 

Program juz 30 binnadzri adalah program tahfidz Quran yang berfokus pada kemampuan membacakan ayat-ayat Alquran dan hukum bacaannya. Hukum bacaan yang dimaksud meliputi tajwid sampai sifatul hurupnya. Pada kontek ini, para santri baru menyelesaikan program binnadzri pada juz 30.

Program ini dilaksanakan biasanya setelah santri selesai dari program iqro. Pertimbangan juz 30 sebagai langkah awal dari belajar hafalan ini adalah karena ayat-ayatnya lumayan pendek sehingga mudah diserap dan cepat dipahami oleh para santri.

Program Juz 30 Bilhifdzi 

Program juz 30 bilhifdzi adalah kemampuan para santri dalam hafalan surah-surah Alquran pada katagori 1-3 Juzz. Juz dalam program ini diambil dari juz terakhir, yaitu juz 30. Program ini adalah lanjutan dari program binnadzri.

Santri yang telah paham akan kaidah dan hukum pembacaan Quran selanjutnya akan menyetorkan setiap hafalan yang telah mereka. Sama seperti program binnadzri, program hafidz ini dimulai dengan juz 30 dengan alasan sudah dikuasai secara global pada program binnadzri, sehingga program bilhifdzi ini menjadi pematangan pengausaan hafalan mereka.

Program 30 Juz Binnadzri 

Terakhir, program 30 juz binnadzri adalah program wisuda untuk para santi yang telah menyelesaikan progra tahfidz 30 juz al-Quran dan dianggap telah mampu membacanya sesuai dengan kaidah hukum-hukum bacaan al-Quran.

Ustaz Iyus Rusmana menambahkan ada beberapa poin kelebihan dari program binnadzri dan bilhifdzi ini

  1. Setiap anak bisa mengikuti wisuda sesuai dengan kemapuannya masing-masing 
  2. Santri menjadi lebih aktif dalam menghafal karena program wisudanya per 1 tahun 
  3. Anak-anak yang sudah masuk program bil hifdzi menjadi matang dalam pembacaan al-Qurannya karena ada kelas binnadzri 
  4. Pencapaian anak dalam pembelajaran alquran menjadi lebih sistematis dan terarah

Penyambutan Santri

Acara seremonial wisuda tahfidz Quran ini dimulai dengan penyambutan para santri menuju ke podium oleh tim pagar ayu. Tampil bersama para santri, Pengasuh LPPQ Daaruttaqwa, Ustaz Iyus Rusmawan. Para orang tua santri juga tampak ikut dalam iringan wisudawan untuk nantinya menyaksikan prosesi pengesahan wisudawan dan wisudawati tahfidz quran ini.

hafidz quran

Acara utama wisuda tahfidz quran ini ditandai dengan pemberian sertifikat tanda tahfidz dan juga pengalungan medali sebagai bukti telah menyelesaikan setiap program tahfidz yang ada di LPPQ Daaruttaqwa, baik program Juz 30 binnadzri, Juz 30 bilhifdzi, dan juga 30 juz binnadzri.

Tampak raut bahagia dan juga bangga dari para orang tua yang menyaksikan prosesi pengalungan medali dan penyerahan sertifikat tahfidz ini. Tak lupa, para orang tua santri mengabadikan momen bersejarah putra-putrinya dengan memotret dan merekam via smartphone mereka.

Hadroh

Acara syukuran wisuda tahfidz ini ditutup dengan penampilan kreasi seni Hadroh dari Pondok Pesantren Daarul Ihsan Cisarua, Kadudampit. Dalam penampilannya, grup hadroh pondok pesantren Daarul Ihsan membawakan beberapa lagu religi dan juga salawat yang di nadomkan.

Pondok Pesantren Daarul Ihsan sendiri adalah salah satu pesantren yang berada di kecamatan kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Selain mempelajari ilmu-ilmu agama yang bersumber dari Al-Quran dan Kitab Kuning, di pesantren ini juga dipelajari seni islami seperti Qosidah dan juga Hadroh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama