Diarpus Kabupaten Sukabumi Hadirkan Lampu Patromak di Masa Liburan Sekolah

lampu patromak
Sumber: FB Diarpus Kabupaten Sukabumi

Dalam rangka mengisi masa liburan sekolah, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi mengadakan Pelatihan Komputer dan Pendidikan Literasi Masyarakat yang disingkat menjadi Lampu Patromak. Program ini diadakan selama dua tahap, di mana pertahapnya dilaksanakan dalam kurun waktu 1 pekan.

Tahap pertama program Lampu Patromak dilaksanakan pada tanggal 27 Juni-1 Juli 2022, sedangkan tahap kedua pada 5-9 Juli 2022. Kegiatan Pelatihan Komputer dan Pendidikan Literasi Masyarakat ini diadakan secara gratis dengan target peserta anak usia sekolah dasar.

Rangkaian Acara Lampu Patromak

Dengan antusiasnya pendaftar di program patromak, pada pelaksanaan acaranya, para peserta dibagi menajdi dua kelompok. Kelompok pertama untuk usia kelas 1 sampai 3 Sekolah dasar, kelompok kedua untuk usia sekolah kelas 4 sampai dengan kelas 6.

Sesuai namanya, program ini pada pelaksanaannya memberikan dua kegiatan kepada setiap peserta, yaitu"

  • Pelatihan Komputer yang meliputi pengenalan Ms Word, sampai pembuatan animasi sederhana 2 dimensi maupun 3 dimensi.
  • Pendidikan Literasi, meliputi pengenalan buku-buku bacaan anak di perpustakaan daerah Kabupaten Sukabumi yang melimpah. Anak-annak dapat membaca buku sesuai minatnya, dan belajar membuat simpulan di depan teman mereka dengan apa yang telah mereka baca.

Tujuan Diadakannya Lampu Patromak

Banyak peserta yang sangat antusias mengikuti program Lampu Patromak ini. Mereka jadi senang membaca dan mengulik dunia komputer. Hal ini sejalan dengan tujuan Lampu Patromak sendiri yang ingin mengenalkan dunia literasi pada masyarakat, tak terkecuali anak-anak pada masa liburan sekolahnya.

Diarpus Kabupaten Sukabumi  berhasil mensosialisasikan dunia literasi di Lampu Patromak ini dengan gambaran bahwa literasi tak hanya sekadar tentang membaca buku, tapi ia sangatlah luas dan tentu saja menyenangkan. Di lampu Patromak dikenalkan bahwa dunia literasi selain membaca buku tetapi juga tentang membuat opini dari sumber bacaan, belajar menulis, sampai literasi digital yang bersumber dari komputer dan internet.

Kesan Para Peserta Lampu Patromak

lampu patromak

Di antara sekian peserta Lampu Patromak, ada dua sahabat, Albi dan Mufid. Kedua siswa kelas 4 sekolah dasar ini mengikuti lampu Patromak di masa libur sekolah mereka dengan sangat antusias sampai akhir.

Mufid yang tinggal di Selajambe, Cisaat sangat menyukai pelatihan komputer di program Lampu Patromak ini. Ia tak pernah absen mengikuti Lampu Patromak setiap harinya.

###

Semoga dengan diadakannya kegiatan Lampu Patromak oleh Diarpus Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu jalan agar masyarakat mencintai dunia literasi sedini mungkin, agar kelak tumbuh menjadi sosok yang terbiasa dengan dunia perpustakaan. Ke depan, semoga Dinas Arsip dan Perpustakaan terus berinovasi untuk terus mengadakan acara-acara yang dapat menari minat masyarakat mengunjungi perpustakaan dan menikmati dunia literasi dengan sepenuh hati.

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama