Matsama MA Raudlotul Ulum Resmi Dimulai

matsama

Senin, 18 Juli 2022, Kepala Madrasah Aliyah Raudlotul Ulum, H. Daden Iskandar secara resmi membuka acara Masa Taaruf Siswa Madrasah atau yang biasa disingkat sebagai matsama. Acara ini berlangsung lebih kurang selama sepekan ke depan dengan target calon siswa-siswi kelas 10 di madrasah aliyah.

Matsama Madrasah Aliyah Raudlotul Ulum

Rangkaian acara matsama di MA Raudlotul Ulum sudah jauh-jauh hari dipersiapkan sebagai salah satu agenda tahunan dan masuk rangkaian ke panitia penerimaan siswa baru. Acara Matsama ini adalah kolaborasi dua panitia, baik dari guru dan juga siswa yang diwakili oleh pengurus OSIS.

Dengan mengucap bismillah, dalam sambutan dan peresmian acara Matsama, Kepala MA Raudlotul Ulum meresmikan acara ini. Ia Juga berpesan agar seluruh rangkaian acara Matsama di MA Raudlotul Ulum kadudampit, Kabupaten Sukabumi ini terbangun atas dasar kekeluargaan, sehingga akan terbentuk rasa nyaman bagi para calon siswa baru untuk berinteraksi dan bersosialisasi baik dengan guru maupun dengan kakak-kakak kelasnya.

Tujuan Matsama

Tujuan utama diadakannya acara matsama di awal tahun pelajaran bagi para calon siswa barua adalah untuk mengenalkan lingkungan madrasah sebagai tempat yang akan mereka jadikan wasilah untuk mencari ilmu tiga tahun ke depan. Langkah ini diambil agar para siswa lebih mengenal dengan lingkungan madrasahnya, agar mereka merasa nyaman selama mengikuti masa-masa pembelajaran ke depannya.

Kegiatan Matsama

Tujuan matsama

Agar acara selama kurang lebih sepekan dalam matsama tidak membosankan, maka panitia dari dewan guru MA Raudlotul Ulum bekerja sama dengan pengurus OSIS agar membuat program-program matsama menjadi lebih segar dengan ide-ide mereka. Maka, selain pemberian dari materi dari beberapa guru, ada juga ice breaking di setiap jeda materi yang dibawakan oleh kakak-kakak kelas dari anggota OSIS baik kelas 11 maupun 12, agar tercipta suasana penuh keakraban, persaudaraan, dan kekeluargaan di antara anggota keluarga besar madrasah.

Yang juga spesial di Matsama MA Raudlotul Ulum ini adalah hadirnya para alumni yang kini sedang menimba di pelbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, untuk memberikan motivasi kepada para calon siswa baru agar semangat belajar, meraih cita-cita, dan terus belajar, tak berhenti sampai tingkat madrasah aliyah saja. Tentu saja kehadiran perwakilan para alumni ini disambut hangat oleh adik-adik kelasnya maupun oleh para dewan guru karena dapat bersilaturahmi dengan para alumni.

Materi Matsama

Guru-guru yang ditunjuk untuk memberikan materi pada acara matsama biasanya akan menyesuaikan dengan materi-materi yang telah disiapkan oleh panitia. Di tahun 2022 ini ada juga materi-materi baru sebagai rekomendasi dari pemerintah  untuk disampaikan di acara matsama ini seperti materi tentang moderasi beragama.

Materi-materi Matsama lain yang disampaikan adalah:

  • Sejarah tentang pendirian madrasah
  • Tata Tertib madrasah aliyah
  • Karakter siswa yang moderat
  • Pengenalan kurikulum di madrasah aliyah
  • materi bela negara
  • pengenalan kepramukaan

Urgensi Juknis Matsama

juknis matsama

Secara garis besar, seluruh rangkaian acara Matsama di madrasah mengikuti juknis yang telah disampaikan oleh kementerian beragama sebagai Kementerian yang menaungi madrasah-madrasah yang ada di Indonesia. Juknis tersebut diejawantahkan dalam program yang dijalankan di Matsama, seperti dengan adanya materi moderasi beragama.

Semoga dengan mengikuti seluruh juknis yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama, harapannya seluruh tujuan dalam matsama ini dapat tercapai dengan baik. Semoga pekan depan para siswa sudah siap menerima segala materi dan ilmu pada tingkat Madrasah Aliyah setelah selesainya rangkaian acara Matsama ini. 

6 Komentar

  1. pentingnya mengetahui Sejarah tentang pendirian madrasah biar makin cinta pak ya dengan sekolah dan mnjaga almamater

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Kak Dewi. Jangan sampai melupakan atau tak tahu sejarah, ya

      Hapus
  2. Zaman kami masuk PGA 6 tahun pakai plonco. Namanya Pekan Orientasi Siswa. Kayaknya di sana banyak siswa perempuan ya, ananda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun dulu sempat mengalami perploncoan ketika masuk SMA, bunda. Agak ngeri ya dulu masa orientasinya.
      Betul bunda, di madrasah saya siswanya lebih banyak perempuan

      Hapus
  3. Madrasah juga baik untuk pendidikan anak (muslim), disamping sekolah konvensional milik pemerintah menurut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, bang. Madrasah menjadi salah satu pendidikan alternatif untuk para orang tua yang ingin anaknya seimbang antara belajar ilmu umum dan ilmu agama

      Hapus
Lebih baru Lebih lama