Tahfidz Camp Lentera 2023

tahfidz camp

Penyelenggaraan Tahfidz Camp menjadi salah satu agenda tahunan di ekstrakurikuler Lentera atau Lembaga Tahfidz Quran Raudlotul Ulum di MA Raudlotul Ulum Kadudampit, Sukabumi. Tahun ini tahfidz camp lentera diadakan pada semester genap, tepatnya pada akhir Januari 2023.

Jadwal Kegiatan Tahfidz Camp 

Acara yang diselenggarakan selama 2 hari ini berlangsung di Villa Aku Cantik Kota Sukabumi. Sebelum ke lokasi yang dituju, tahfidz camp tahun ini dibuka terlebih dahulu oleh kepala madrasah di lapang MA Raudlotul Ulum Kadudampit Sukabumi.

Tema Tahfidz Camp

Setiap tahunnya Lentera Qurani mempunyai tema-tema tertentu setiap mengadakan tahfidz camp. Untuk tahun 2023 ini, panitia menyiapkan tema dengan slogan

Menghiasi Hidup Dengan Al-Quran

Rundown Acara Tahfidz Camp

Jauh-jauh hari, panitia telah mempersiapkan program untuk acara tahfidz camp lentera 2023 ini, termasuk didalamnya rundown acara. Acara tahfidz camp ini berlangsung di 2 tempat, untuk pembukaanya di MA Raudlotul Ulum, sedangkan untuk acara inti dilaksanakan di Villa Aku Cantik.

Rundown tahfidz camp secara garis besar adalah:

  1. Pembukaan oleh Kepala MA Raudlotul Ulum
  2. Penyampaian Materi oleh beberapa narasumber
  3. Games edukasi
  4. Penutupan acara di Villa Cantik oleh Ketua Pelaksana

Acara Pembukaan Tahfidz Camp

pembukaan tahfidz camp

Acara pembukaan tahfidz camp secara resmi dibuka oleh H. Daden Iskandar selaku kepala MA Raudlotul Ulum. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa seluruh peserta tahfidz camp harus benar-benar fokus untuk menyerap seluruh materi yang disampaikan oleh seluruh tutor yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Hal lain yang juga disampaikan oleh kepala madrasah adalah untuk seluruh peserta dapat menjaga ketertiban selama mengikuti seluruh rangkaian jadwal kegiatan tahfidz. Terlebih acara tahfidz camp lentera 2023 ini diadakan di luar area madrasah.

Materi Tahfidz Camp

materi tahfidz camp

Untuk mengisi materi-materi Qurani di acara tahfidz camp lentera 2023, panitia mengundang beberap nara sumber baik dari lingkungan Yayasan Raudlotul Ulum maupun narasumber dari luar. Beberapa pemateri Tahfidz Camp kali ini diantaranya

  • Ustadz Agus Salim, M.M membawakan materi tentang urgensi Al-Quran dalam hidup
  • Ustadz Hilman Hamdani, S.Pd.I menjelaskan tentang sejarah pembukuan Quran
  • Ustadz Hamdan Najarudin, S.Sos membawa tema tentang korelasi Quran dalam kehidupan Pemuda
  • Ustadzah Apong Zakiah menjelaskan tentang materi urgensi ilmu tajwid dan makhorijul huruf dalam membaca Quran
  • Ustadz Idhofi menerangkan tentang sejarah-sejarah para penghafal Quran
  • Ustadz Zen Muhammad Muttaqin Alhafidz membawa tema spesial dengan judul menghafal Quran semudah tersenyum

Games Seru di Acara Tahfidz Camp

games seru

Setelah selesai pemaparan materi dari setiap narasumber, acara juga diisi dengan permainan-permainan menarik yang menantang kekompakan para para peserta. Untuk kegiatan games ini, para peserta dijadikan kelompok dan dibimbing oleh para alumni dari akang teteh alumni tahfidz camp sebelumnya.

permainan

Kondisi Villa Aku Cantik sangat mendukung kegiatan games outdoor dengan tempatnya yang luas dan juga asri, sehingga para peserta tidak hanya menikmati keseruan permainannya, tetapi juga menikmati keindahan suasana di sekitar Villa.

Penutupan Acara

penutupan acara tahfidz camp

Acara Tahfidz Camp Lentera 2023 ditutup pada Ahad, 29 Januari 2023 oleh ketua panitia, Ustaz Iyus Rusmawan. Dalam sambutannya ia menyampaikan semoga para peserta tahfidz camp bertambah motivasi dan semangat untuk terus hidup dengan belajar Alquran sehingga merasakan benar bahwa Quran adalah penuntun jalan hidup kita.

Ustaz Iyus menambahkan harapannya semoga para peserta Tahfidz Camp dapat belajar untuk mengamalkan atau melaksanakan setiap ilmu yang diberikan oleh para pemateri selama mengikuti acara ini, besar harapan, acara ini benar-benar dapat terpetik manfaatnya, bukan kemah biasa semata, tetapi tahfidz camp sebagai kemahnya para penghafal Quran.

Harapan lainnya juga ia sampaikan, semoga para peserta tahfidz camp Lentera Qurani 2023 bisa terus meneguhkan hati untuk terus belajar dan menghapal Quran, sampai nantinya bertemu kembali di acara Wisuda Tahfidz Qur'an di akhir tahun pelajaran.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama