Makanan dan Minuman Favorit di Bulan Puasa

menu buka puasa

Di bulan Ramadan, makanan dan minuman menjadi spesial. Betapa tidak, setelah seharian menahan lapar dan haus, ketika magrib datang, rasanya terbayarkan sudah kesabaran dalam menahan hal membatalkan puasa, termasuk makan dan minum.

Selain makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi di hari-hari biasa, di Bulan Ramadan ada juga makanan dan minuman yang hadir spesial namun jarang dikonsumsi di bulan lainnya. 

Di tanah Sunda, nasi, lauk pauk, sambal dan lalapan merupakan menu utama untuk berbuka karena setelah berpuasa selama seharian penuh perut akan sangat merasakan lapar dan juga haus. Dengan demikian menu utama inilah yang membuat perut kenyang.

Selain menu utama, ada beberapa makanan dan minuman tambahan lain yang biasanya hadir melengkapi buka puasa di Bulan Ramadan. Ini dia beberapa di antaranya.

Makanan dan Minuman untuk Buka Puasa

Es Buah

Es buah adalah salah satu menu favorit di bulan puasa, karena selain menyegarkan es buah memiliki rasa yang sangat enak. Walaupun secara kesehatan dikatakan tidak baik berbuka langsung dengan yang dingin, tetapi godaan dari semangkuk es buah rasanya memang sulit dihindari.

Alternatif mengonsumsi es buah agar lebih sehat adalah dengan tidak menggunakan es terlebih dahulu jika akan dikonsumsi langsung untuk menu buka puasa, atau paling tidak jangan terlalu banyak memasukkan es ke dalam campuran buahnya.

Gorengan

Selain es buah, gorengan juga merupakan salah satu makanan yang wajib ada dan menjadi menu favorit kita, karena gorengan merupakan menu makanan untuk mengganjal perut sebelum makan karena setelah berbuka harus menunaikan salat magrib terlebih dahulu. Beberapa jenis gorengan yang basanya ada di waktu buka puasa seperti bakwan, pisang goreng, tempe mendoan, dan lain-lain.

Gorengan juga secara kesehatan dianggap kurang baik untuk dijadikan menu buka puasa yang utama. kandungan minyak goreng dalam bakwan misalnya, akan menyebabkan tenggorokan kita terasa kering karena lemak yang terkandung di dalamnya.

Kurma

makanan khas bulan puasa
Kurma juga merupakan salah satu menu favorit. Selain memiliki rasa yang sangat manis kurma juga sangat di anjurkan untuk membatalkan puasa setelah azan magrib. 

Kurma memiliki banyak ragam dan varian jenisnya. Tinggal menyesuaikan dengan isi dompet, karena beda varian, akan berbeda pula harganya.

Kurma sangat dianjurkan menjadi pembuka puasa kita, karena biasa dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw, sehingga mengonsumsinya dihukumi sunat untuk membatalkan puasa. Dalam riwayat banyak diceritakan biasanya Nabi mengonsumsi 3 butir kurma dan satu gelas air untuk membuka puasanya.

Kolak

Kolak merupakan menu favorit kita, karena rasanya sangat enak dan juga merupakan salah satu menu di bulan puasa. Kolak jarang kita temui di warung-warung di luar bulan puasa, tapi tiba-tiba melimpah ruah dijajakan di setiap sore menjelang azan magrib di bulan puasa ini.

Jenis kolak yang biasa kita temui seperti kolak pisang, kolak kolang-kaling, kolak ubi, ataupun kolak campuran dari beberapa jenis buah. Kolak bagus dikonsumsi untuk berbuka. Dengan rasa yang manis, apalagi disiapkan semasih hangat, kolak sangat bersahabat untuk lambung kita yang kosong seharian.

Makanan Ringan

Setelah melaksanakan salat tarawih, menu favorit selanjutnya yaitu makanan ringan (Jajanan). Karena setelah melaksanakan salat tarawih perut akan terasa lapar kembali dan biasanya makanan favorit itulah yang biasa dimakan.

Makanan ringan biasanya sangat disukai anak-anak, tapi di bulan Ramadan, makanan ringan ini bisa menjadi bonding keluarga ketika berkumpul sehabis menunaikan salat tarawih berjamaah sebagai salah satu ibadah khas di bulan Ramadan. Sambil berkumpul dengan seluruh keluarga di ruang keluarga, snack bisa menjadi teman penyertanya.

Jangan Lupa Asupan Air Putih Selama Ramadan

Biasanya sehabis salat tarawih kita lanjut menonton televisi dan biasanya menu yang sisa berbuka tadi kita santap kembali. Lalu setelah itu kita beristirahat (Tidur). Karena setelah bangun tidur tenggorokan akan terasa sangat kering dan sayuran merupakan pelicin tenggorokan. Di lanjut dengan minum air putih.

Mengonsumsi air putih harus sangat diperhatikan selama Ramadan, karena kita jelas tidak akan meminumnya di siang hari. Maka, atur sebaik mungkin frekuensi minum selama periode malam agar terpenuhi standar 2 liter atau kira-kira 8 gelas.  

Tiba saatnya sahur pukul 03.00. Biasanya makanan yang harus ada ketika sahur yaitu makanan yang berkuah seperti sayur-sayuran. Menu itulah yang wajib ada ketika sahur.

Itulah makanan favorit kita di bulan puasa yang wajib ada karena makan dan minuman itulah yang selalu menemani kita. 

Pada akhir-akhir Ramadan menjelang Idul fitri, kesibukan bertambah. Selain menyiapkan menu untuk buka puasa, biasanya juga para ibu rumah tangga akan sibuk mempersiapkan kue-kue dan makanan khas untuk lebaran. Kue-kue kering dengan ragam dan jenisnya serta opor ayam dan ketupat biasanya menjadi menu andalan.

2 komentar

  1. Rata-rata sama ya, favorit umat manusia Indonesia.... buka puasa dengan es buah dan kolak.

    BalasHapus
  2. aku suka banget berbuka dengan es buah, suegerrrrr :D

    BalasHapus